Aplikasi Dapodik untuk Rapor Kurikulum 2013

Diposting pada: 2014-12-04
oleh : datadapodik
Kategori: Rapor

Kategori

Mungkinkah Aplikasi Rapor Kurikulum 2013 bareng dengan Aplikasi Dapodik?

Kalau dari sisi system pemograman sih mungkin-mungkin saja dan bisa-bisa saja, tapi bagaimana implementasinya di lapangan , bagaimana?

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika akan memutuskan bahwa Pembuatan Rapor untuk Penilaian Pembelajaran Kurikulum 2013 satu aplikasi dengan Aplikasi Dapodik :

1. Entry Nilai itu banyak dan waktunya singkat. Kita sudah tahu semua bagaimana Sistem Penilaian Kurikulum 2013 yang begitu banyak jenisnya.

2. Operator Dapodik di sekolah hanya satu orang, mampukah?

3. Pekerjaan Penilaian itu pekerjaan guru dan pekerjaan membuat rapor itu pekerjaan wali kelas. Mungkinkah guru dan wali kelas akan diberi hak akses untuk login di aplikasi dapodik?

Dan masih banyak lagi hal-hal lain yang perlu baik teknis maupun non teknis yang perlu dipertimbangkan masak-masak sebelum memutuskan.

SOLUSINYA?

Dibuatkan aplikasi turunan dari aplikasi dapodik untuk Pengelolaan Penilaian Kurikulum 2013, bukan hanya membuat atau mencetak rapor. Tapi sebuah aplikasi yang dapat digunakan oleh guru dalam mengelola penilaian, wali kelas untuk membuat rapor, dan waka kurikulum untuk memonitoring pelaksanaan dan pelaporan penilaian yang telah dilakukan oleh guru.

Aplikasi turunan yang dimaksud adalah aplikasi yang mampu memanfaatkan apa yang sudah ada di aplikasi dapodik untuk keperluan penilaian pembelajaran.

Tulisan di atas adalah hasil bincang-bincang saya dengan salah seorang guru yang ternyata telah mampu membuat aplikasi rapor kurikulum 2013 dengan memanfaatkan data-data yang ada di aplikasi dapodik di sekolahnya.

Aplikasi Rapor yang dikembangkan Bapak Guru ini berbasis website dengan PHP dan Mysql. Data Guru dan Data Siswa memanfaatkan Menu unduhan yang ada di Aplikasi Dapodik.

Jika temen-temen mau mencoba Aplikasi Rapor Kurikulum 2013 web publikasinya di http://kurikulum13.com. Format Hasil Print Out Rapor sudah sesuai dengan Permendikbud 104 Tahun 2014.

Sekian semoga bermanfaat


Download Download as PDF Info Dapodik Aplikasi Dapodik untuk Rapor Kurikulum 2013


Jika bermanfaat silahkan anda bagikan
BERLANGGANAN
Terima kasih anda telah membaca info Pendataan Dapodik tentang Aplikasi Dapodik untuk Rapor Kurikulum 2013
Jika anda ingin mendapatkan kiriman info pendataan terbaru dengan otomatis dan GRATIS dari web datadapodik.com ke alamat email anda, Input Email Anda dikotak yang disediakan, Klik Tombol Submit, kemudian Buka Email Anda dan jangan lupa segera melakukan aktivasi
dapodik

Berita Lainnya



Tinggalkan Komentar


Nama *
Email * Tidak akan diterbitkan
Komentar *
security image
 Masukkan kode diatas
 

Ada 1 komentar untuk berita ini